Beranda | Artikel
Makna Hadits Manusia Itu Seperti Unta Seratus
Kamis, 9 April 2020

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Makna Hadits Manusia Itu Seperti Unta Seratus merupakan  bagian dari kajian Islam ilmiah Nasihat-Nasihat Para Sahabat yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. pada 7 Sya’ban 1441 H / 01 April 2020 M.

Kajian Tentang Makna Hadits Manusia Itu Seperti Unta Seratus

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

إِنَّمَا النَّاسُ كَالإِبِلِ المِائَةِ، لاَ تَكَادُ تَجِدُ فِيهَا رَاحِلَةً

“Sesungguhnya manusia itu seperti unta seratus, hampir-hampir kamu tidak mendapatkan padanya unta yang cocok untuk ditunggangi.” (HR. Bukhari 6.498)

Artinya sedikit dari seratus unta itu yang cocok untuk ditunggangi, yang dia mau nurut, itu sedikit sekali, hampir-hampir tidak ditemukan dari seratus unta itu. Hadits ini menunjukkan bahwa di sini Nabi umpamakan manusia bagaikan unta. Dimana kata Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, dari seratus unta itu hampir-hampir kamu tidak mendapatkan padanya unta yang cocok ditunggangi. Demikian pula manusia, sedikit sekali manusia yang mempunyai sifat yang bagus, yang baik, yang betul-betul tunduk kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, yang benar-benar dia dari sisi akhlaknya bagus, dari sisi ibadahnya, dari aqidahnya dan yang lainnya. Selalu di sana ada kekurangan walaupun dia seorang alim, misalnya. Walaupun dia seorang Ustadz -misalnya-, pasti ada kekurangan. Dari sisi sifatnya, dari sisi entah itu akhlaknya dan yang lainnya.

Maka kewajiban kita tentunya -karena dari banyak manusia ternyata sedikit sekali yang mempunyai keistimewaan di dalam masalah akhlak dan kesempurnaan- berusaha untuk memahami didalam pergaulan kita. Bahwa teman kita itu adalah manusia yang bagaikan unta yang dari seratus unta itu sedikit sekali yang sempurna. Demikian pula setiap kita pasti punya kekurangan, setiap kita pasti mempunyai kesalahan-kesalahan dan jarang di antara kita yang masyaAllah akhlaknya bagus, disenangi orang, ibadahnya masyaAllah, dari sisi aqidahnya masyaAllah, dari sisi semua.

Ada orang yang akhlaknya bagus, tapi ibadahnya kurang. Ada orang yang ibadahnya luar biasa, tapi dari sisi aqidahnya kurang. Ada yang  aqidah dan ibadahnya bagus, tapi dari sisi akhlak ternyata kurang. Walaupun kewajiban kita untuk berusaha menyempurnakan semua itu. Kita berusaha untuk mencontoh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Karena Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah yang terbaik sebagai suri tauladan kita dalam aqidah, ibadah, muamalah, akhlak, dalam kita bergaul. Kita berusaha bagaimana supaya lisan kita tidak menyakiti orang, sikap kita pun juga tidak membuat orang lain tersakiti.

Mari simak kisah yang penuh manfaat ini pada menit ke-06:11

Download mp3 Kajian Tentang Makna Hadits Manusia Itu Seperti Unta Seratus


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/48337-makna-hadits-manusia-itu-seperti-unta-seratus/